Close
Home » Info Kedokteran » Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Sariawan

Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Sariawan

Penyakit SariawanPenyebab dan Cara Mengobati Penyakit Sariawan – Siapa sih yang tidak pernah mengalami sariawan, bahkan hampir semua orang pernah merasakannya. Sariawan atau istilah medisnya aphtosa adalah salah satu penyakit mulut yang membuat orang akan merasakan tidak enak makan, bahkan tidak enak bicara hingga dapat menyebabkan demam.

Disamping penyakit sariawan terlihat biasa-biasa saja namun dapat sangat mengganggu bagi si penderita. Penyakit sariawan disebabkan adanya luka pada selaput lendir didalam mulut yang berwarna putih pucat atau kekuningan. Akibat yang dirasakan bagi si penderita ialah rasa sakit dan perih disekitar luka tersebut, dan hal ini dapat terjadi antara 4-10 hari

Bagi kebanyakan orang mengetahui bahwa penyebab sariawan adalah kurangnya vitamin C dalam tubuh. Memang benar namun penyebab sariawan dapat juga terjadi oleh hal-hal yang lain, Seperti:

  • Kurangnya vitamin C dalam tubuh
  • Luka dikarenakan tergigit. Terkadang terjadi ketika makan. Untuk itu saat makan untuk tidak terburu-buru agar terhindar dari sariawan.
  • Luka saat menyikat gigi. Berhati-hatilah ketika menyikat gigi, perhatikan kondisi sikat gigi apabila bulu sikat sudah mulai rusak cobalah untuk menggantinya agar dapat.
  • Alergi makanan asam atau pedas. Kebiasaan memakan makanan pedas terkadang dapat mengakibatkan radang atau luka pada mulut sehingga juga berpotensi terjadinya sariawan.
  • Sariawan juga dapat diakibatkan oleh virus atau bakteri ketika kondisi kekebalan tubuh sedang menurun.
  • Tidak terjaganya kebersihan mulut. Jarang membersihkan mulut mengakibatkan kuman dapat berkembangbiak di mulut sehingga dapat memicu terjadinya sariawan.
  • Akibat kawat gigi. Pemasangan kawat gigi yang salah juga dapat menyebabkan penyakit sariawan, hal ini dikarenakan adanya pemasangan kawat gigi yang tidak benar dapat menimbulkan luka pada rongga mulut.
  • Selain itu sariawan juga bisa dikarenakan alergi terhadap obat-obatan tertentu.

Sebenarnya, penyakit sariawan dapat sembuh dengan sendiri selama 4 – 10 hari, apabila lebih dari itu maka perlu berhati-hati untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Karena dikhawatirkan tanda awal terjadinya kanker mulut.

Cara mengobati sariawan sendiri terkadang lebih kepada mengurangi rasa sakit yang ditumbulkannya, juga dengan mempercepat pengeringan luka. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi memakan makanan yang panas atau pedas, juga dapat dengan berkumur dengan air hangat.

Disamping itu perbanyak konsumsi buah yang kaya akan vitamin C seperti jambu biji, tomat, jeruk karena vitamin C dapat mempercepat penyembuhan penyakit sariawan.

Cara lain dapat dengan berkumur dengan menggunakan obat kumur agar dapat luka cepat mengering saat sariawan, Fungsi obat kumur sebagai anti mikroba yang mana dapat membersihkan seluruh rongga di mulut.

Ada beberapa bahan makanan yang juga dapat dijadikan obat untuk mengatasi sariawan seperti, air kelapa, memakan daun jambu biji lalu berkumur, konsumsi pisang dan papaya, mengoleskan madu, dan minyak kelapa.

Ada pun bahan yang kaya akan mineral yang baik untuk mengobati penyakit sariawan seperti, brokoli, biji wijen, telur, serta makanan yang kaya akan vitamin B, zat besi juga asam folat. Yogurt juga dapat yang membantu mengontrol berkembang biaknya bakteri di mulut.

Semoga bermanfaat

Advertisement
tags: , , , , , , , , , ,

Comment For Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Sariawan


W3 Directory - the World Wide Web Directory