Close
Home » Info Kedokteran » Manfaat Penting Pemberian Air Susu Ibu

Manfaat Penting Pemberian Air Susu Ibu

Ibu Menyusui, Air Susu IbuPemberian ASI atau Air Susu Ibu secara optimal pada bayi ini akan membuat bayi tumbuh dengan sehat, kuat, dan cerdas. Hal ini karena ASI banyak mengandung 200 zat gizi dan dapat memberikan kekebalan buat bayi hingga 20 kali lipat. Zat-zat terkandung dalam ASI antara lain lemak, karbohidrat, protein, vitamin, mineral, hormon pertumbuhan, berbagai enzim, zat kekebalan, dan lain-lain.

Akan tetapi sangat disayangkan masih banyak ibu yang tidak memahami bahwa ASI memiliki nilai yang sangat bermanfaat sekali dibandingkan dengan susu formula atau makanan tambahan lain. Karena itu, ASI sering kita kenal dengan sebutan ASI Eksklusif (Exclusive breast feeding).

- ASI yang keluar saat kelahiran sampai hari ke 4 atau ke 7 disebut kolostrum.

- ASI yang keluar di hari ke 7 sampai ke 10 atau ke 14 setelah kelahiran disebut ASI transisi.

- ASI yang keluar setelah hari ke 14 kelahiran disebut ASI matang.

Komposisi gizi ke-3 jenis ASI diatas yaitu berbeda-beda. Bahkan terdapat perbedaan komposisi ASI dari menit ke menit.

Misalnya, kandungan lemak pada ASI saat bayi berumur 3-5 hari adalah 1.85 g/dl. Pada saat usia bayi 15-18 hari, kandungan lemak itu menjadi 3.06 g/dl.

30 Menit Setelah Lahir

Pada jam pertama setelah ibu melahirkan maka kandungan gizi ASI sangat tinggi. Karena itu, dokter sering menganjurkan buat para ibu agar selambatnya 30 menit atau 1/2 jam setelah lahir, bayi harus segera disusui ibunya, atau yang biasa dikenal dengan istilah IMD (Inisiasi Menyusui Dini).

Pada awal menyusui, ASI menghasilkan kolostrum yang warnanya kekuningan dan encer. Dimana kolostrum ini kaya  zat gizi dan antibody yang berfungsi untuk melindungi bayi dari infeksi.

Dikarenakan kolostrum ini akan muncul lagi 30 jam kemudian. Maka itu artinya jika tidak segera mendapat kolostrum pertama maka bayi akan kehilangan zat bergizi tinggi dari ibunya.

Padahal, kolostrum mengandung protein, mineral, serta vitamin A, vitamin E, dan vitamin B12. Bahkan kolostrum mengandung lebih sedikit lemak dan gula dibandingkan dengan ASI yang diproduksi pada hari-hari berikutnya.

Secara fungsional, kolostrum berperan membersihkan air empedu dan mucus (meconium) pada saluran pencernaan bayi. Ini sangat penting karena pada masa sesudah kelahiran, bayi sangat rentan terhadap infeksi dan lingkungan yang sangat baru baginya. Selain itu pada kolostrum juga berfungsi menghilangkan rasa lapar pada bayi yang baru lahir tanpa harus disertai asupan gula atau susu formula.

ASI yang keluar pada 5 menit pertama disebut foremilk. Komposisinya berbeda dengan ASI yang keluar kemudian atau hindmilk. Foremilk lebih encer, mengandung protein tinggi dan karbohidrat rendah. Sementara hindmilk mengandung karbohidrat tinggi, protein rendah, dan kandungan lemaknya 4-5 kali lebih banyak dibandingkan dengan foremilk. Hindmilk inilah yang mengenyangkan bayi.

Selain mengenyangkan, kolostrum mengandung zat immunoglobulin atau kekebalan. Jenis protein yang bertugas memerangi infeksi dalam tubuh itu tidak dimiliki oleh susu hewan. Kandungan zat ini dalam kolostrum sekitar 10-17 kali lebih banyak daripada di dalam ASI matang. Itu sebabnya bayi yang mendapat ASI secara optimal memiliki kekebalan tubuh 15-20 kali lebih baik.

Sebenarnya tubuh bayi sudah mulai membuat antibody sendiri segera setelah dilahirkan. Akan tetapi, antibody itu baru akan mencapai puncak kekuatannya pada usia bayi 9-12 bulan. Karena itu, ASI merupakan antibody bantuan yang paling kuat bagi perumbuhan awal bayi. Terlebih lagi karena ASI ternyata mengandung berjuta-juta sel darah putih yang bermanfaat untuk membunuh kuman jahat dalam usus bayi.

Kandungan zat kekebalan ini benar-benar menakjubkan. Kekebalan tubuh ibu-ibu terhadap berbagai penyakit akan diturunkan kepada bayinya lewat ASI. Seandainya ada seorang ibu mempunyai zat kekebalan terhadap 5 penyakit, maka bayi juga akan memperoleh warisan yang sama.

Efektivitas pemanfaatan ASI akan terasa sekali bila yang menyusui bayi itu adalah ibunya sendiri. Dan bila terjadi bayi yang tertukar dari orang tua yang melahirkannya maka ASI yang diberikan tidak akan cocok walaupun tidak memiliki efek samping pada bayi. Semoga bermanfaat

Advertisement
tags: , , , , ,

Comment For Manfaat Penting Pemberian Air Susu Ibu


W3 Directory - the World Wide Web Directory