Close
Home » Info Kedokteran » Kenali 5 Macam Jenis Kulit Manusia dan Efeknya

Kenali 5 Macam Jenis Kulit Manusia dan Efeknya

Kategori | Info Kedokteran

Jenis Kulit ManusiaKenali 5 Jenis Macam Kulit Manusia dan Efeknya – Merawat kulit sepanjang hari merupakan hal yang wajib dilakukan apabila hendak mempunyai kulit sehat dan cantik. Untuk perawatannya dapat menggunakan produk-produk kosmetika atau ramuan herbal alami lainnya. Akan tetapi cara ini diperlukan kehati-hatian karena dapat memberikan efek berbeda terhadap kulit.

Perawatan kulit dapat berdampak baik apabila unsur-unsurnya memenuhi cara perawatan yang benar. Selain itu, yang tak kalah pentingnya ialah dalam pemilihan bahan harus sesuai dengan jenis kulit kita. Setiap jenis kulit pastinya memerlukan perawatan yang tidak sama serta sangat berpengaruh pada tingkat ke efektifitas baik tidaknya kosmetika atau bahan perawatan yang kita gunakan.

Nah, Berikut ini akan dijelaskan Jenis-jenis kulit pada manusia, diantaranya:

Kulit Berminyak

Jenis kulit pertama yaitu kulit berminyak dimana ciri khususnya dapat dilihat pada permukaan kulit yang berminyak dan agak sulit dalam menghilangkannya meskipun sudah menggunakan berbagai jenis produk kosmetika dan pembersih wajah lainnya.

Untuk jenis kulit ini memiliki permukaan kulit yang berkilau seperti pada bagian tengah wajah dan dahi, denganĀ  lubang pori-pori kulit yang agak lebih besar dibanding dengan jenis kulit biasanya. Oleh karena itulah untuk jenis kulit ini sangat rentan timbulnya jerawat akibat infeksi bakteri yang disebabkan oleh debu kotoran dan minyak pada kulit.

Kulit Kering dan Dehidrasi

Berikutnya adalah jenis kulit kering, akan tetapi sebagian orang sangat sulit dalam membedakan antara jenis kulit kering dengan kulit yang mengalami dehidrasi. Nah berikut penjelasan kulit kering dan kulit dehidrasi sebagi berikut:

Kulit kering, Ciri-cirinya adalah kulit terasa kasar dan kaku baik sebelum dan sesudah dibersihkan. Memiliki kulit kering sangatlah tidak nyaman bahkan akan nampak retak atau terasa gatal. Factor yang mempengaruhi terjadinya kulit kering dimana kulit kekurangan asam lemak atau lipid pada kulit.

Cara mengatasinya dapat dengan mengkonsumsi asam lemak esensial, seperti Omega-3 dan Omega-6 yang berasal dari beberapa sumber makanan contohnya ikan laut, kerang, minyak kedelai dan sayuran berdaun.

Kulit dehidrasi, Cirinya yaitu Kulit dehidrasi terasa agak ketat dan memiliki garis-garis halus pada kulit. Umumnya kulit dehidrasi dapat terjadi untuk semua jenis kulit hal ini dikarenakan kurang meminum air putih. Untuk penyebab lainnya juga bisa dikarenakan kesalahan dalam menggunakan kosmetika utamanya ketika memakai kosmetika pembersih dan pengelupasan kulit. Untuk itu berhentilah dalam menggunakan produk yang keras jika kulit sedang mengalami dehidrasi.

Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi adalah kulit yang memiliki 2 jenis kulitĀ  berbeda seperti perpaduan antara jenis kulit berminyak dan jenis kulit kering. Seringkali orang dengan kulit kombinasi menggunakan 2 pelembab yang berbeda yang lebih ringan pada zona T (daerah dahi, hidung, bibir dan dagu) dan jenis lainnya pada bagian pipi.

Kulit Sensitif

Nah untuk orang yang memiliki jenis kulit sensitif dibutuhkan perlakuan yang ekstra hati-hati terhadap pemakaian parfum, pewarna bibir dan produk lainnya. Jeni kulit sensitif ini memiliki struktur kulit yang sangat tipis serta mudah teriritasi.

Kulit Normal

Kulit normal adalah jenis kulit yang ideal yang tidak tergolong dalam kulit kering, kulit berminyak dan sensitif. Ciri yang bisa dilihat pada kulit normal adalah permukaan kulit terasa lembut, halus dan elastis.

Itulah beberapa jenis kulit yang perlu anda ketahui, selain pemilihan kosmetika yang tepat menjaga kebersihan kulit, mengkonsumsi air putih serta gizi yang dibutuhkan kulit terpenuhi perlu diperhatikan agar anda bisa memiliki kulit yang sehat.

Advertisement
tags: , , , , , , , , ,

Comment For Kenali 5 Macam Jenis Kulit Manusia dan Efeknya


W3 Directory - the World Wide Web Directory