Close
Home » Info Kedokteran » Hilangkan Mual dan Muntah Berlebihan Saat Kehamilan

Hilangkan Mual dan Muntah Berlebihan Saat Kehamilan

Kategori | Info Kedokteran

Hilangkan Mual dan Muntah Berlebihan Saat KehamilanHilangkan Mual dan Muntah Berlebihan Saat Kehamilan – Salah satu tanda kalau seorang perempuan sedang hamil adalah perut mual disertai dangan muntah-muntah. Muntah-muntah yang terjadi pada wanita yang sedang hamil ini sudah termasuk dalam kategori  yang wajar terjadi, karena hampir semua ibu hamil pasti mengalaminya. Muntah-muntah ini biasanya terjadi di saat masa kehamilan trimester awal atau kurang lebih 3 bulan di masa awal kehamilan.

Mual dan muntah yang dialami wanita hamil pada trimester awal biasanya berbeda-beda antara wanita yang satu dengan wanita yang lainnya. Ada yang mengalaminya biasa-biasa saja, atau bahkan ada yang mengalaminya sampai berlebihan sehingga memerlukan pengobatan. Namun ada juga wanita yang nyaris tidak mengalami mual dan muntah saat sedang hamil.

Penyebab wanita mengalami mual dan muntah-muntah saat hamil lumayan banyak, diantaranya sebagai berikut:

Meningkatnya hormon estrogen

Kadar hormon estrogen tubuh yang meningkat  dapat menimbulkan kadar asam yang ada di dalam lambung juga ikut meningkat, sehingga mengakibatkan munculnya rasa mual. Keadaan ini biasanya sering terjadi di pagi hari di saat perut ibu kosong belum terisi makanan.

Faktor psikologis

Faktor psikologis juga merupakan salah satu penyebab perut mual dan muntah-muntah saat hamil. Apabila psikologis terganggu seperti tekanan batin juga bisa menjadi penyebab rasa mual dan muntah. Hal ini disebabkan karena kondisi seorang wanita yang kurang siap untuk hamil atau karena mereka tidak menginginkan kehamilan sehingga merasa tertekan.

Biasanya wanita yang sedang hamil kemudian mual dan muntah-muntah akan sulit untuk makan, sehingga dapat berdampak buruk bagi kesehatan si janin sebab kurang mendapatkan gizi dari sang ibu. Oleh karena itu, walaupun muntah saat hamil dalam kategori wajar, akan tetapi hal tersebut tetap harus diperhatikan agar gizi sang janin bisa tetap terjaga.

Berikut beberapa cara mengatasi mual dan muntah saat hamil.

  • Makanlah dalam porsi kecil tapi sering, hindari makan dalam porsi yang besar sebab hal itu malah akan membuat perut menjadi mual. Pokoknya sering-sering lah makan atau ngemil tapi dengan porsi yang kecil.
  • Konsumsi lah makanan yang banyak mengandung protein dan karbohidrat seperti buah, sayur, roti, biskuit, kentang, dan lain-lain. Karena makanan tersebut bisa membantu mengatasi mual.
  • Ketika bangun pagi jangan langsung berdiri, duduklah terlebih dahulu baru perlahan-lahan bangun untuk berdiri. Ketika bangun tidur dan Anda merasa mual, maka cobalah untuk menyiapkan biskuit atau snack di dekat tempat tidur supaya Anda bisa mengisi perut terlebih dahulu sebelum bangun dari tempat tidur.
  • Jangan terlalu sering atau kalau bisa hindari makanan atau buah seperti durian, nangka, kol, dan lain-lain, karena makanan tersebut bisa memicu produksi gas berlebih.
  • Hindari makanan yang banyak mengandung lemak, pedas, dan berminyak. Sebab makanan tersebut bisa memperburuk rasa mual.
  • Penuhi akan kebutuhan mineral dalam tubuh agar tidak terjadi dehidrasi, seperti minum air putih atau pun jus buah.
  • Santai dan istirahat yang cukup juga bisa mengurangi rasa mual dan muntah. Sebab jika Anda mengalami stress, maka rasa mual akan semakin parah. Luangkan waktu untuk santai dan beristirahat dengan melakukan kegiatan yang Anda senangi seperti mendengarkan musik, membaca buku, atau kegiatan yang lainnya yang Anda sukai.

Selain cara diatas anda juga bisa memakai obat-obatan tradisional untuk menghilangkan rasa mual dan muntah seperti jahe, serai,  atau daun pandan yang dicampur dengan daun jeruk.

Cara pengolahan:

Jahe

Ambil jahe lalu cuci bersih. Kemudian geprek atau parut jahe dan seduh dengan air panas serta tambahkan dengan madu atau gula jawa, lalu minum untuk menghangatkan perut.

Serai

Ambil satu batang serai lalu memarkan. Kemudian seduh bersama teh manis dan minum selagi hangat.

Daun pandan dan daun jeruk

Campur ke dua bahan tersebut lalu seduh dengan air panas. Kemudian tambahkan sedikit gula atau madu ketika akan di minum.

Demikian artikel tentang cara mengatasi mual dan muntah berlebihan saat hamil semoga bermanfaat. Jika Anda memiliki tips-tips yang lain silahkan share di sini, Terima kasih!

Advertisement
tags: , , , , , , ,

Comment For Hilangkan Mual dan Muntah Berlebihan Saat Kehamilan


W3 Directory - the World Wide Web Directory