Close
Home » Info Kedokteran » Efek Penggunaan Antibiotik Pada Kulit

Efek Penggunaan Antibiotik Pada Kulit

Efek AntibiotikEfek Penggunaan Antibiotik Pada Kulit – Kulit merupakan pertahanan pertama dari serangan bakteri atau virus. Untuk itu, kulit amat memerlukan perlindungan dari luar, Namun bagaimana jika pada kenyataannya kulit malah terserang dari dalam?

Seperti misalnya Anda menderita sakit dan harus mengonsumsi obat antibiotik yang ternyata berpengaruh pada kesehatan kulit Anda. Ya, jangan salah sangka, karena bisa terjadi juga adanya efek antibiotik pada kulit.

Salah satu contoh tubuh Anda tidak dapat menerima dan cenderung menolak antibiotik yang dimasukkan ke dalam tubuh ialah alergi pada kulit. Alergi pada kulit kalau dibiarkan saja dan tidak dilakukan pengobatan malah bisa berakibat fatal di kemudian hari.  Hal ini dikarenakan betapa mudahnya seseorang yang sakit cenderung meminta antibiotik sebagai obat dengan alasan biar cepat sembuh.

Orang yang alergi terhadap antibiotik cenderung akan merasa gatal pada awal pemberian obat. Setelahnya akan muncul bintik-bintik merah atau ruam dan menyebar ke sekujur tubuhnya. Bagi orang yang tidak memahami efek dari alergi tentu akan menyangka hal itu bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan sehingga terus mengonsumsi obat antibiotik dengan berharap penyakit utamanya sembuh. Namun, jika dibiarkan terus berlarut, alergi tersebut justru akan membahayakan dan akan terus menyerang hati yang bisa berakibat fatal seperti kematian.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, alangkah baiknya sebelum anda menggunakan atau mengonsumsi obat antibiotik, lakukan tes screening atau tes alergi. Tes ini dilakukan dengan cara menyuntikkan sedikit bahan obat ke bagian bawah kulit. Tes ini amat sakit dan cenderung banyak dihindari. Akan tetapi efek positifnya tentu amat besar, yaitu anda bisa langsung mengetahui apakah anda dapat alergi terhadap jenis obat-obat tertentu.

Hal lain yang perlu diperhatikan berkaitan dengan antibiotik adalah resistensi. Pemberian antibiotik yang berlebihan cenderung akan menghasilkan sifat resistensi, yaitu kemampuan mikroba untuk melakukan perlawanan terhadap pengaruh antibiotik. Hal ini dikarenakan ada mikroba yang bertahan hidup saat antibiotik dimasukkan dan mikroba ini kemudian mengembangkan sistem kekebalannya agar kuat terhadap antibiotik yang bersangkutan.

Kesimpulan dari itu semua, masih perlukah antibiotik ada pada resep obat untuk penyakit Anda? Jika ya, apakah Anda mempunyai alergi terhadap antibiotik tersebut? Coba tanyakan pada dokter Anda agar tidak ada masalah atau efek antibiotik pada kulit Anda.

Advertisement
tags: , , , , , , ,

Comment For Efek Penggunaan Antibiotik Pada Kulit


W3 Directory - the World Wide Web Directory