Close
Home » Info Kedokteran » Dampak Buruk Rokok Bagi Kesehatan Kulit

Dampak Buruk Rokok Bagi Kesehatan Kulit

Kategori | Info Kedokteran

Dampak Buruk Rokok Bagi Kesehatan KulitDampak Buruk Rokok Bagi Kesehatan Kulit – Banyak alasan untuk para pria dan wanita agar berhenti untuk merokok. Yang paling jelas adalah penampilan dan kesehatan kulit. Bagi wanita yang Berhenti merokok merupakan suatu tips yang jitu untuk mendapatkan kecantikan terbaik sepanjang masa. Setiap sel dalam tubuh Anda dipengaruhi oleh racun yang terdapat pada rokok. Karena itu, pengaruh rokok bagi kesehatan sel-sel kulit yang ada didalam tubuh.

Pada hakikatnya orang yang suka merokok akan terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya, dikarenakan kulit akan lebih cepat kelihatan keriput. Pernah ada sebuah penelitian yang sangat terkenal dengan meneliti sepasang anak kembar perempuan. Pada usia 39 tahun, si kembar yang suka merokok tampak berusia sekitar 30 tahun. Sedangkan saudarinya yang tidak pernah merokok tampak seolah-olah masih berada di usia dua puluhan.

Studi si kembar ini banyak memberikan wawasan kepada kita bahwa merokok itu selain merusak kesahatan tubuh ia juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit serta mempercepat penuaan dini. Sehingga tidak heran beberapa iklan anti merokok di Inggris bahkan terang-terangan menyatakan bahwa merokok itu dapat membuat Anda jadi jelek. Ini menjadi pukulan yang telak, bagi wanita khususnya suka merawat kecantikan. Wanita rela menghabiskan uang miliaran di seluruh dunia untuk mendapatkan produk yang mampu mempertahankan atau mendapatkan kembali penampilan muda mereka.

Merokok merupakan suatu tindakan yang dapat menyakiti kulit sendiri, dan sangat sulit untuk menyembunyikan efek yang ditimbulkannya. Merokok dapat menuakan usia kulit dan memiliki efek negatif yang lebih besar dibandingkan apa pun selain kerusakan akibat sinar matahari.

Merokok juga merusak serat yang membantu kulit elastis dan kuat – yakni elastin dan kolagen pada kulit. Itu berarti kulit mulai berkerut sebelum masanya. Dengan kata lain, kulit seorang perokok kehilangan cahaya dan penampilan sehat.

Merokok dapat membatasi tubuh untuk menyerap vitamin-vitamin yang terdapat dalam makanan yang dikonsumsi. Akibatnya, banyak perokok akhirnya mengalami anemia. Selain itu, Tubuh juga cenderung akan kekurangan cairan (Dehidrasi), dan kulit menjadi kering.

Merokok dan kanker kulit memiliki hubungan yang sangat erat. Karena kulit yang lebih tipis, sehingga resiko perokok untuk terkena penyakit kanker kulit lebih dari tiga kali lipat dibandingkan bagi orang yang bukan perokok.

Satu masalah kulit yang banyak diderita bagi orang yang suka merokok adalah psoriasis. Psoriasis sendiri merupakan kondisi kulit kronis yang tidak menyebabkan kematian ataupun menular. Merokok sangat tidak baik bagi kesehatan kulit dan membuatnya jauh lebih rentan terhadap psoriasis dibandingkan non-perokok.

Berikut ini beberapa dampak merokok bagi kesehatan tubuh dan kulit, diantaranya:

* Merokok mengubah warna kulit Anda.

* Merokok mempengaruhi sistem peredaran darah Anda.

* Merokok memberikan risiko kesehatan dan merusak kulit Anda. Elastisitas pada kulit akan terpengaruh oleh merokok. Merokok bahkan akan mengeringkan kulit dan menyebabkan lapisan kulit kering dan tidak sehat.

* Merokok akan mempercepat timbulnya keriput dibandingkan orang yang tidak merokok. Rona kulit Anda akan berubah seiring dengan masa Anda merokok. Jika Anda terpapar pada asap rokok secara rutin, kulit Anda juga dapat terpengaruh.

“Jawaban untuk menjaga kulit Anda sehat adalah dengan berhenti merokok”.                          

Nah, Kini Anda sudah tahu bahwa merokok dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dan juga dapat merusak kulit. Semoga dapat bermanfaat dan jauhilah merokok jika Anda ingin memiliki kulit sehat…

Advertisement
tags: , , , , , ,

Comment For Dampak Buruk Rokok Bagi Kesehatan Kulit


W3 Directory - the World Wide Web Directory