Close
Home » Kesehatan Umum » Cara Merawat Kulit Saat Masa Kehamilan

Cara Merawat Kulit Saat Masa Kehamilan

Kategori | Kesehatan Umum

Cara Merawat Kulit Saat Masa KehamilanCara Merawat Kulit Saat Masa Kehamilan – Ketika dalam masa kehamilan, terkadang berbagai masalah tentang kesehatan kulit melanda untuk ibu hamil. Tidak usah bingung sebab hal ini adalah biasa terjadi karena factor hormonal.

Saat masa kehamilan itulah dibutuhkannya nutrisi yang cukup bagi tubuh utamanya dalam menjaga kesehatan janin dan ibu hamil itu sendiri. Disamping juga perlunya memperhatikan kesehatan kulit. Diperlukannya perawatan khususnya pada kulit agar dapat mengantisipasi masalah kulit yang biasa terjadi pada ibu hamil, seperti stretch marks, jerawat, peningkatan pigmentasi, linea nigra dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa masalah kulit yang biasa terjadi pada masa kehamilan, diantaranya :

Melasma (Cholasma)

Melasma adalah bintik-bintik kulit berwarna hitam gelap yang biasanya muncul pada dahi, hidung dan pipi. Kondisi ini lebih disebabkan oleh adanya peningkatan hormon kehamilan hiperpigmentasi/warna kehitaman pada bagian kulit. Bentuknya  seperti bintik-bintik hitam, tahi lalat yang juga biasanya terdapat adanya garis-garis gelap di tengah perut (linea nigra).

Meskipun melasma dapat hilang dengan sendirinya saat pasca melahirkan, akan tetapi terkadang melasma itu tidak seluruhnya hilang pada permukaan kulit.

Dalam mengatasi melasma sangat dianjurkan memakan makanan yang mengandung asam folat. Hal ini telah diteliti bahwa kekurangan asam folat sangat berpengaruh pada hiperpigmentasi. Contoh makanan yang mengandung asam folat adalah sayuran berdaun hijau, jeruk, roti gandum, dan sereal gandum.

Penting juga untuk meningkatkan perlindungan tubuh dari paparan sinar matahari yang juga dapat meningkatkan hiperpigmentasi, yaitu dengan penggunaan tabir surya minimal SPF 15 serta penggunaan topi dan baju lengan panjang merupakan solusi bagus saat berada diluar lingkungan terbuka.

Jerawat

Jerawat ketika proses kehamilan sebenarnya dapat diobati dengan perawatan kulit pada umumnya. Seperti dapat menggunakan  scrub wajah untuk menghilangkan kotoran yang tersumbat pada pori-pori kulit. Untuk penggunaan scrub wajah ini, baiknya memakai scrub abrasif atau exfoliant dikarenakan kulit akan sangat sensitif selama proses kehamilan.

Waspadalah dalam memilih obat jerawat saat masa kehamilan karena dapat berbahaya bagi janin. Ada baiknya memilih obat jerawat alami dan herbal.

Disamping itu, juga dapat dilakukan penyinaran kulit dengan sinar matahari pagi selama 15 menit agar dapat mengaktifkan sel-sel kulit dengan sempurna. Serta membuang racun yang dapat mencegah timbulnya penyakit jerawat. Perbanyaklah meminum air putih yang cukup setiap hari.

Stretch Mark

Lebih dari 90% wanita mengalami stretch mark selama bulan ke6 dan ke7 pada masa kehamilan. Stretch mark merupakan peregangan lapisan kulit yang biasanya muncul sebagai garis-garis merah muda atau keunguan bahkan hitam kecoklatan pada bagian perut dan terkadang juga terdapat pada payudara dan paha.

Cara mengatasi stretch mark yaitu dapat menggunakan campuran  wortel, ketumbar, dan daun thyme sebagai bahan olesan.  Disamping itu  juga penggunaan ampas kopi yang dioleskan pada daerah  stretch mark berguna menyamarkan garis-garis hitam tersebut.

Hiperpigmentasi

Adanya peningkatan pigmentasi kulit pada sekitar areola dan puting payudara yang dapat menyebabkan warna kehitaman dan biasanya tidak akan memudar setelah melahirkan.

Selain itu, bagi yang memiliki tahi lalat maka bisa jadi warna akan semakin hitam saat proses kehamilan. Malah terkadang memunculkan tahi lalat baru yang disebabkan oleh pengaruh pigmentasi.

Cara mengatasi hali ini dapat dengan menggunakan madu asli sebagai bahan olesan pada wajah taupun aerola selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Selain itu  juga dapat menggunakan scrub untuk melenyapkan sel-sel  kulit mati. Masker wajah alami juga bisa mengobati terjadinya hiperpigmentasi pada wajah, dada.

Perawatan kulit ketika hamil sangat berguna dalam menjaga dan mempertahankan kecantikan kulit setalah melahirkan. Untuk itu beberapa penjelasan di atas barangkali bisa membantu dalam mengatasi masalah kulit saat dalam masa kehamilan. Semoga bermanfaat.

Advertisement
tags: , , , , , , , ,

Comment For Cara Merawat Kulit Saat Masa Kehamilan


W3 Directory - the World Wide Web Directory