Close
Home » Gaya Hidup Sehat » Bahaya Sering Mengedan Saat Buang Air Besar Bagi Kesehatan

Bahaya Sering Mengedan Saat Buang Air Besar Bagi Kesehatan

Bahaya Sering Mengedan Saat Buang Air Besar Bagi KesehatanBahaya Sering Mengedan Saat Buang Air Besar Bagi Kesehatan – Sering sekali terjadi ketika seseorang hendak akan buang air besar mengalami sulit buang air besar lancer sehingga melakukan upaya dengan mengedan atau mengejan agar buang airnya lancar. Padahal mengedan atau memaksa keluar kotoran pada saat buang air besar itu sangatlah berbahaya untuk kesehatan anda.

Sering mengedan atau mengejan terlalu keras akan memberikan tekanan yang besar kepada perut, sehingga dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti menyebabkan ketidaknyamanan pada beberapa organ dalam perut.

Beberapa bahaya yang dapat terjadi akibat anda sering mengedan atau mengejan terlalu keras saat buang air besar:

Wasir atau Ambeien

Bahaya yang pertama dapat terjadi wasir atau ambeien, dimana lapisan selaput lender yang berada di daerah anus yang menjadi lemah dan kendur yang biasanya terjadi karena seringnya mengedan terlalu keras pada saat BAB dan buang air besar yang tidak teratur. Oleh karena itu agar BAB anda lancar perbanyaknya mengkomsumsi makanan yang berserat

Hernia atau Turun Bero

Hernia atau sering dikatakan turun bero terjadi ketika otot pada selangkangan melemah sehingga menyebabkan usus sedikit mononjol pada pangkal paha. Namun hal tersebut juga bisa dipicu oleh hal-hal lain seperti mengedan atau mengejan terlalu keras pada saat buang air besar.

Turun Rahim

Pada proses persalinan yang sulit itu dapat membuat otot-otot di sekitar rahim melemah atau seiring dengan menurunnya kadar hormon estrogen secara alami Oleh sebab itu rahim yang turun ke dalam saluran vagina biasanya disebut dengan istilah turun rahim.

Rahim turun (prolapsed uterus) memang paling sering dialami saat proses persalinan yang berulang-ulang, dan juga adanya peningkatan tekanan dalam perut seperti batuk kronis dan mengedan terlalu keras  akibat sembelit saat buang air besar.

Turunnya Rektum atau Usus Besar Turun

Rektum adalah ujung usus besar yang terletak pada anus. Akibat adanya peningkatan tekanan dalam perut maka rektum bisa turun ke anus yang dinamakan rektum turum (prolapse rectum). Akibat yang sering terjadi ketika mengedan (mengejan) terlalu keras saat buang air besar.

Sebenarnya untuk kondisi ini memang tidak terlalu bahaya dan terkadang dapat dirawat di rumah tanpa perlu melakukan operasi, akan tetapi ada beberapa bahaya yang dapat timbul seperti terjadinya inkoninensia tinja atau tidak mampu mengontrol saat buang air besar, solitary rectal ulcer syndrome atau luka yang menumpuk disekitar anus dan juga kekurangan gizi.

Itulah beberapa bahaya akibat mengedan atau mengejan yang terlalu keras saat buang air besar. Maka itu gaya hidup sehat dengan mengusahakan BAB secara teratur untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang tercerna dari dalam tubuh dan juga minumlah air putih yang banyak  untuk membantu pencernaan anda. Semoga bermanfaat.

Advertisement
tags: , , , , , , , , , , , , ,

Comment For Bahaya Sering Mengedan Saat Buang Air Besar Bagi Kesehatan


W3 Directory - the World Wide Web Directory