Close
Home » Kesehatan Umum » Bahaya Sering Mencabut Bulu Hidung

Bahaya Sering Mencabut Bulu Hidung

Kategori | Kesehatan Umum

Cabut Bulu HidungBahaya Sering Mencabut Bulu Hidung – Bagi Anda yang gemar mencabut bulu hidung, sepertinya postingan kali ini sangat penting Anda simak. Kenapa? Karena ternyata, kebiasaan mencabut bulu hidung dapat menyebabkan luka pada bagian akar bulu hidung, yang kemudian jika dibiarkan dapat menjadi bisul.

Bisul yang terjadi di dalam lubang hidung tentu memiliki rasa nyeri lebih parah ketimbang bisul yang timbul di bagian luar tubuh. Akibatnya penderita akan mangalami susah tidur akibat rasa nyeri yang ditimbulkan.

Menurut Dr. Roestiniadi Djoko Soemantri SpTHT KL., dokter spesialis telinga, hidung, tenggorokan (THT), dan kepala leher RSU Dr. Soetomo, Surabaya, menyatakan bahwa bisul yang timbul dalam lubang hidung tak bisa sembuh dengan sendirinya. Sehingga, penderita disarankan untuk segera berobat ke dokter dan jangan coba-coba mengobati sendiri bisul tersebut.

Obat untuk mengatasi bisul pada lubang hidung biasanya dokter hanya memberikan obat antibiotik. Pemberiaan obat antibiotik merupakan langkah tepat dan penting dilakukan karena ternyata, di bagian hidung terdapat pembuluh darah yang langsung mengarah pada otak kepala. Adanya luka yang terjadi di area tersebut dapat memungkinkan bakteri atau kuman lain bisa masuk ke tubuh dan menyerang otak. Yang lebih parah lagi, ini dapat memicu terjadinya radang otak. Serem, ya?

Lalu, bagaimana jika bulu hidung dirasa panjang? Untuk itu sebaiknya dibiarkan saja. Namun  jika dirasa sangat mengganggu termasuk mengganggu penampilan, boleh saja dirapikan, dengan syarat ”Tidak boleh dicabut”, melainkan digunting dengan menggunakan gunting khusus. Biasanya ukurannya lebih kecil dari gunting biasanya. Perlu diperhatikan juga agar pada saat menggunting bulu hidung, anda harus berhati-hati jangan sampai ada bulu hidung yang dipotong masuk ke dalam hidung.

Sekedar informasi, bulu hidung sendiri sebenarnya memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Yakni dapat berfungsi sebagai filter(Penyaring) bagi partikel-partikel kecil yang terisap. Kegunaan bulu hidung bisa terasa bila kita berada di dalam ruangan yang sangat berdebu. Biasanya, tubuh langsung merespons, apabila ada partikel kecil yang terisap hidung dengan cara bersin. Bayangkan saja jika tidak ada bulu hidung, tentu dapat membuat paru-paru menjadi kotor.

Semoga Bermanfaat … !

Advertisement
tags: , , , , ,

Comment For Bahaya Sering Mencabut Bulu Hidung


W3 Directory - the World Wide Web Directory