Close
Home » Gaya Hidup Sehat » Bahaya Sering Makan Mie Instan

Bahaya Sering Makan Mie Instan

Bahaya Sering Makan Mie InstanBahaya Sering Makan Mie Instan – Mie instan siapa yang tidak tahu dengan makanan cepat saji itu, rasanya enak dan lebih utama kemasannya yang praktis yang dapat di buat dan dimakan kapan saja.

Namun tahukah anda memakan mie instan terlalu banyak juga tidak baik malah menimbulkan resiko terkena penyakit berat seperti kanker, ginjal, usus buntu serta terjadinya kegemukan atau obesitas apabila dikonsumsi secara berlebihan, Maka dari itu dianjurkan untuk mengurangi mengkonsumsi mie instan atau anda akan terkena dampak buruknya bagi kesehatan tubuh anda.

Jika anda sudah terbiasa mengkonsumsi mie instan setiap hari, cobalah merubah pola hidup anda dengan mengurangi makan mie instan dengan tenggang waktu 2 sampai 3 hari, lakukan sampai anda benar-benar terbebas dari pengaruh makan mie instan.

Apa sih bahaya mengkonsumsi mie instan berlebihan? Berikut ini bahan-bahan yang terkandung di dalam mie instan yang merugikan bagi tubuh kita, sebagai berikut:

Kandungan Lilin

Berdasarkan penelitian di dalam mie instan ternyata terkandung zat lilin yang berbahaya bagi kesehatan. Kegunaan zat lilin pada mie instan ini untuk membuat mie agar tidak lengket.

Terlalu banyak dalam mengkonsumsi mie instan sama juga memasukkan banyak kandungan lilin ke dalam tubuh kita. Dimana zat lilin tersebut dapat merusak sistem pencernaan tubuh dikarenakan zat lilin tersebut dapat dicerna oleh tubuh dalam waktu 2 hari lamanya.

Kandungan Natrium

Kandungan lainnya yang terdapat pada mie instan yaitu zat natrium yang mana zat ini penyebab terkena penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) dan maag apabila di konsumsi terlalu banyak.

Penyebabnya dikarenakan pada kandungan natrium memiliki sifat menetralkan lambung, sehingga menyebabkan lambung anda akan mensekreasi asam dalam jumlah banyak agar makanan dapat tercerna. Akibatnya, kadar asam lambung akan mengalami peningkatan sehingga terjadi pengikisan pada dinding lambung. Hal inilah yang dapat memicu meningkatnya tekanan darah dalam tubuh.

Selain kandungan pada mie instan nya ternyata terdapat juga kandungan zat-zat lainnya yang dapat berbahaya bagi kesehatan.

Nah berikut zat-zat berbahaya lainnya yang terkandung pada mie instan, sebagai berikut:

 Bumbu mie instan dan pelengkapnya

Tak dipungkiri lagi dengan bumbu mie instanlah yang membuat makanan cepat saji ini menjadi lebih nikmat dan gurih. Hal ini karena bumbu mie instan mengandung bahan penyedap rasa  seperti : MSG atau Vetsin yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Bahan penambah rasa

Berbagai macam rasa pada mie instan dengan bumbu bahan penambah rasa ini biasanya mengandung flavor.  Secara klinis konsumsi flavor yang berlebihan dan jangka waktu lama juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit lainnya.

Cara Memasak Mie Instan yang Benar dan Aman

Bagi anda penggemar mie instan dan tak ingin berhenti mengkonsumsinya tetapi masih ingin sehat, sebaiknya dalam memasak mie instan harus sesuai dengan anjuran penyajian pada kemasan mie instan . Perlu diingat untuk tidak memasak bumbu mie instan bersamaan dengan mienya, hal ini akan menyebabkan terjadinya sel kanker apabila bumbu mie instan di masak diatas suhu 120oC

Berikut ini panduan yang paling benar dalam memasak mie instan agar sehat bagi tubuh saat di konsumsi:

- Rebus mie dengan air mendidih bersuhu 100 0C, agar zat lilin dapat berkurang atau tidak ada.

- Buang air rebusan mie tadi kemudian ganti dengan air panas yang masih baru .

- Siapkan bumbu dalam wadah/piring, perlu untuk tidak memasak mie instan dengan bumbu secara bersamaan.

Semoga bermanfaat

Advertisement
tags: , , , , , , , , ,

Comment For Bahaya Sering Makan Mie Instan


W3 Directory - the World Wide Web Directory